Variable Geometry Turbocharge ( VGT ) merupakan jenis dari turbocharge yang telah di kembangkan. Kelebihan dari VGT adalah aliran udara yang masuk ke Intake Manifold
dapat di atur oleh ECU ( Electronic Control Unit ) melalui VGT Control
Valve. ECU menerima data dari sersor - sensor yang ada dan
memperhitungkan serta mengatur udara yang masuk ke intake manifold
sehingga engine mempunyai output yang maksimal. Air Cylinder
yang di atur VGT Control valve memberikan suplai udara ke turbin melalu
Port - Port yang ada. Setiap Port ini memiliki diameter yang berbeda
beda sehingga memberikan variasi volume udara yang berbeda pada turbin.
VGT juga tidak mempunyai Waste Gate karena kecepatan turbin telah di
atur oleh Air Cylinder.
Variable Geometry Turbocharger ( VGT ) juga mempunya Turbo Lag
yang minimal dan sangat efisien baik saat kecepatan rendah maupun
kecepatan tinggi. Selain itu VGT juga di gunakan untuk mengontrol rasio
gas buang yang di sirkulasikan kembali ke saluran masuk Engine atau yang
sering di sebut EGR ( Exhaust Gas Recirculating ) sehingga dapat
mengurangi Nitrogen Oxida dan membuat kendaraan kendaraan mencapai
Standar Emisi Euro yang lebih baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar